Thursday, June 13, 2013

Ojeg Online !


                Biasanya ketika turun dari bus, aku langsung dikerubutin para ojeggers (hehe, istilah yang aneh untuk tukang ojeg) dengan segala senyum manis penuh rayuannya. Ada yang sok kenal, sok paling tahu tempat tujuanku, sok baek bawain barang. Namun semua senyum manis mereka itu biasanya menguap begitu saja ketika aku dengan santai bilang “dijemput”.
                Beberapa ojeggers hafal kebiasaanku ini (diantar-jemput ke tempat nunggu bus ato angkutan lain oleh kakakku). Jadi mereka tidak cukup bodoh untuk menawarkan jasa antarnya. Meskipun sebagian ekspresi wajahnya tetap menampakkan wajah ngarep. Beuuh.
                Tapi, kegigihan para ojeggers ini memang patut diacungi jari tengah. Ups, I mean jempol! Haha.
Untuk urusan upselling mereka nomor satu. Gigih dan selalu bisa membaca situasi. Mereka hafal, jika aku berjalan gontai apalagi bukan habis turun dari bus, mereka mengartikan aku tidak dijemput. Dan itu tepat. Maka jika tahu begitu, mereka beramai-ramai memperebutkan aku kembali layaknya puteri hadiah sayembara. Hahahaha (pengandaian yang aneh).
                Hehe, udah deh, daripada aku melantur kemana-mana, langsung aja ke inti ceritanya. Jadi barusan, aku heran koq antusiasme para ojeggers itu tak seheboh biasanya. Usut punya usut, ternyata beberapa di antara mereka sedang sibuk teleponan, ada juga yang sedang mengoperasikan HP, entah sedang apa. Set dah, jangan-jangan bentar lagi mereka pada pensiun jadi ojeg, karena merasa cukup menjadi ojeg di game online. Haha.

                Setelah cukup lega akhirnya ada salah seorang ojeg yang sigap menawariku duduk di jok motornya (untuk kemudian mengantarku ke tempat tujuanku tentunya) aku asyik buka-buka sosmed sambil dengerin musik. Sampai tiba-tiba merasa ada yang aneh. Ini motor jalannya lambat amat ya. Ternyata si tukang ojeg yang bawaku ini sedang asyik teleponan entah urusan apa. Dari beberapa potongan obrolannya yang berhasil kukuping kayanya dia lagi mengobrolkan bisnis yang antinya melibatkan dia sebagai kurir nantinya.
                Sudahlah, aku maklum saja. Kasian, dia juga perlu tambahan.
                Tapi lama-lama. Eh, buset, ini motor ngerangkak gak lebih dari 20 KM per jam. Aku mencoba sabar aja dulu, meskipun agak risih dilihatin orang.
                Aku salah, ternyata lebih baik risih dilihatin orang daripada ‘berjalan’ lambat-lambat melewati bukit, naik-turun-naik-turun, gelap, sepi dan panjang.
                Pas kebetulan aku baca status di fb kurang lebih berbunyi ‘malam jumat gini enaknya ngapain ya?’.
                Hadoooh, bang, buruan ngapa, ente gak mau kan tiba-tiba di pingiran deket utan itu ada yang say halo atau bercilukba-ria. Heuheu. Ngebayanginnya aja aku empot-empotan.
                Ehm, ehm. I mean aku gak sepenakut itu sih sebenarnya. Ini karena ditambah jengkel aja dari tadi,  naek motor yang jalannya kayanya lebih cepet ngesotnya tokek bunting. Belum lagi polisi tidur yang hampir tiap sepuluh meter ada itu menghadang.
                Jadi ritmenya kaya gini, ‘ya, abcdsefghijk’ (si ojeg nelpon di HP), ‘ngeeeng’ (bunyi motor), ‘gujleg’ (bunyi motor ngelewati polisi  tidur) dan ‘brug’ (benturan antara helm ku dan si ojeg), gitu terus beberapa kali.
                Sampe akhirnya ketemu tanjakan aku ketar-ketir, bisa-bisa ni motor mundur lagi kalo kaya gini terus.
                Alhamdulillah, sebelum aku sempet tereak histeris, si ojeg beres teleponan dan segera tancap gas.
                Dalam hati aku bersyukur, untung si ojeg ini cuma telponan, coba kalo sampe pesbukan? Bisa-bisa sekarang aku sedang nungging di jurang rumpun bambu yang horor itu.
                Haha,  semoga tak akan pernah !

image by : http://pictures.maleber.net/img/1178640958_DSC_1402.JPG

No comments:

Post a Comment