Wednesday, March 20, 2013

Cerpen; Sial, Kamu-Kamu Lagi !



Namaku Edy. Oh plis, gak pake brokoli ! Coz, aku lebih suka kol sama kubis. Hehe
Suatu kali temenku Daniel mengusulkan Edy Masa’id untuk menggantikan Edy Fu’adi, nama asliku itu.
“Edi Fu’adi itu kaya nama bapak-bapak!“ Joko menguatkan pendapat Daniel.
            “Iya, dan Edy Masa’id gak nyambung! Lagian ntar gua ikutan mati muda!” Aku menjitak kepala Joko.
            ”Gimana kalau Edy Tambunan, kan elo bisa ikut nebeng terkenal!” Joko berseru seperti mendapatkan ilham.
            ”Ho’oh tuh, sekalian nebeng dipenjara! Hahaha” Daniel menimpali.
            ”Aduuuh, plis deh sobat-sobatku yang batal ganteng, makasih deh atas saran-sarannya, tapi saat ini aku lagi gak mau bahas perihal perubahan namaku! Lagian nama-nama gua, kenapa kalian yang repot?”
***

            Sebenarnya anak-anak mulai ngeributin nama ku gara-gara sampe segede ini masih ngejemblo alias belum pernah pacaran. Bayangin bro, kelas 3 SMA belum pernah pacaran! Buusyeeet ....
            Sebenarnya kalau gak denger komentar temen-temen ku yang aneh-aneh, aku sih nyantai-nyantai aja. Tapi takutnya aku dikatain sebagai remaja yang gak ngikutin perkembangan zaman.
            Dan... Hari ini aku mulai hunting cewek lagi! Langkah pertama ku ya lewat pesbuk facebook!
            Dan ketemu lah satu nama yang menurut ku lumayan oke, dan fotonya juga imut-imut marmut. Pas do’i dah konfirmasi jadi temenku, langsung ku ajak ngobrol, dan lu tahu ucapan pertamanya pas kita chatting?
            ”Sebenernya, gw mo temenan ama loe karena loe mirip mantan gw yg udah mninggal!”
            Gak apa-apa lah, meski wajahku disamain sama mendiang pacarnya. Yang penting dia asyik dan asoy.
            Karena udah sore, aku pamit dulu sama kecengan baruku itu. Oya namanya, Cha Echa Decha. Jangan heran kalu aku manggil dia Chachacha.
            Pas mau bayar di meja operator warnet, aku heran ngelihat si Poppy sialan. Ku sebut sialan karena tiap kali ketemu dia aku selalu ketiban sial. Orangya tengil sih.
            ”Makasih deh, tapi gue bisa bayar sendiri” si Poppy pede dikira aku mau bayarin.
            ”Lu ngefans banget ama gua ya? Perasaan lu selalu ngintilin gua?” Aku langsung sewot. Gimana enggak, di sekolah aja aku ketemu hampir lima kali sehari ngalahin dosis minum obat, belum lagi di rumah, karena sialnya lagi kita tetanggaan.
            ”Susah ya kalo jadi orang munafik, selalu membolak-balikkan fakta” Poppy malah lebih sewot dari aku.
            Si operator warnet jadi pasang tampang aneh. Antara senyum dan meringis. Mungkin lucu juga ngelihat anak segede kita masih berantem, sekaligus risih takut para pelanggannya kabur dengar pertengkaran Tom & Jerry gadungan.
            ”Sudah, sudah.... pada belum tahu ya kalo orang sering brantem itu tandanya jodoh!” si Operator menengahi, tapi dia gak tahu bahwa ucapannya tadi bagaikan menjatuhkan bom ke kandang musuh. Jadi jangan salahkan kita kalau dia mendapatkan dua kali bantingan pintu !
***
            Rupanya, secuek-cueknya sahabat, gak bakalan tinggal diam kalau denger sahabatnya kesusahan. Taruhlah contohnya si Joko Bodo dan si VJ Daniel. Dengan semangat empat lima, mereka ikut berpartisipasi untuk menghilangkan status jombloku.
            ”Ed, gua punya temen, temen ku itu punya temen, temennya temenku itu punya temen. Nah, temennya temennya temenku itu katanya lagi jomblo, lu mau gak gue kenalin?” Joko dengan laga kocaknya mulai bertingkah seperti Ki comblang.
            ”Boleh aja” Walaupun aku agak pusing dengernya.
            ”Eh Ed, katanya sepupunya sepupuku juga lagi jomblo lho” Daniel tak kalah provokatif.
            ”Siapa aja buleh, yang penting berjenis kelamin wanita dan gak punya penyakit ayan!” Aku mengempaskan tubuhku di kasurku yang tak empuk lagi. Joko dan Daniel ikutan tiduran di kasurku sambil meneruskan narasinya tentang cewek yang mau mereka kenalin.
***
            ”Gawat Dy!” Joko nyamperin sambil terengah-engah. ”Ternyata temennya temennya temenku itu si Poppy!”
            ”What??!” Aku sampe muncrat.
            ”Dan ini lebih gawat lagi!” Daniel nyusul ”Karena sepupunya sepupuku juga ternyata si Poppy!”
            Glek !
            Jangan bilang kita berdua ini jodoh ya! Awas aja! Aku yakin ini kutukan, karena selama ini aku selalu ngata-ngatain si kunyuk Poppy itu.
            ”Hahahahaha.. haahahahahha... makasih sob, makasih !” Tawaku yang tiba-tiba itu membuat dua orang sobat ku masang tampang prihatin. Mungkin mereka kira aku frusatasi.
            ”Ya ampun! Masa kalian belum ngarti? Keterangan kalian tadi sekaligus menjelaskan kalau ternyata si Poppy juga gak laku! Hahahaha......”
            Akhirnya mereka juga ikutan ketwa. Karena entah karena alasan apa, mereka ikut-ikutan benci sama si Poppy. Siapa juga yang gak kesel sama cewek jutek cuek bebek idung pesek bau ketek itu ! Seenggaknya menurutku.
***
            Kalau dipikir-pikir, tampangku gak jelek-jelek amat. Rambutku gak kribo-kribo amat, idung? Gak pesek-pesek amat. Body lumayan tinggi dan berisi, mata setajam elang. Suara mirip Vidi Aldiano kalau ngeden. Otak cemerlang. Masa depan gemilang, karena anak artis terkenal. Tapi setelah dipikir-pikir lagi ternyata sebagian keterangan tadi cuma mimpiku doang, karena pada kenyataannya aku ini ibarat itik buruk rupa yang tak kunjung berubah jadi pangeran ! Lho?.
            Lagi khusyu-khusyunya ngelamun, seseorang ngedorongku dari belakang. Otomatis siomay mbak mamay yang lagi ku pegang itu tumpah dan kena baju dan sepatuku, karena badanku mentok ke meja kantin.
            ”Eh sorry  .. sorry gue gak sengaja…” Seperti tiba-tiba ada yang nyetel lagu Beautiful Girl-nya Christian Bautista karena tiba-tiba lagu itu menjadi back song yang mengisi kekosongan saat aku dengan mupeng ngeliat orang yang ternyata cewek manis yang ngedorongku tadi.
            Baru aja aku mau menanggapi permintaan maaf si gadis manis tadi saat seseorang nyeletuk ”Salah sendiri bengong. Udah tahu kantin itu tempat makan bukan tempat bengong!” Ya, seratus buat kamu, karena orang itu ternyata benar-benar si Poppy! Tapi aku gak peduli dan sama sekali kehilangan minat ngeladeni ucapan pedasnya, karena seluruh perhatianku tersita sama adegan si cewek manis membersihkan sepatuku dengan saputangannya.
            Ah......
***
            ”Ah!!” Gedebak-gedebug dung dung der! Mungkin begitu bunyi barang–barang di pojokan sekolah yang kena hantam tubuhku.
            ”Jadi ini orang yang mau bersaing sama gue?!” Habis ngomong gitu Eko pacarnya si cewek manis di kantin itu kembali melayangkan bogemnya.
            Tapi untung bagiku, karena ada beberapa guru yang mendengar kejadian penganiayaan terhadap diriku yang tidak berdosa ini. Segera aku dibopong Daniel dan Joko yang baru muncul setelah aku hampir KO. Sementara Eko harus rela digiring ke ruang Kepsek.
            ”Salah sendiri, udah tahu cewek itu pacar preman sekolah kita, malah dikecengin.” Itulah hiburan pertama yang ku dengar dari mulut sahabatku.
            ”Untung lu gak kenapa-napa” Daniel ikut komen dengan polos.
            Gak kenapa-kenapa e’e nya unta! Babak belur gini dibilang gak kenapa-napa. Tapi aku gak kuat buat maki-maki, ditambah malu juga sama diri sendiri. Karena sebenaranya aku juga yang o’on, maen gebet aja pacar orang, hanya karena ngerasa cewek itu gue banget!
***
            ”Ed, kalau gak kemana-mana, nanti temenin adek kamu ya. Hari ini seperti bisa guru privat bahasa Inggrisnya mau dateng” Itu suara nyokapku seminggu kemudian. Di minggu sore dengan badan yang masih lemes, inget nasib yang selalu apes kalau berurusan sama cewek.
            ”Kenapa harus ditemenin, emang mama mau kemana?”
            ”Kondangan” Mama berseri-seri, entah kenapa kondangan jadi agenda favorit mama. Padahal cuma nebeng makan di rumah orang doang.
            ”Ya kamu bikinin minuman dan kasih cemilan kek sama guru privat adekmu itu” Aku baru mau buka mulut buat protes saat mama ngelanjutin titahnya dan langsung pamitan lalu pergi dengan kereta kencananya.
            Kalau mama pergi, di rumah emang gak ada siapa-siapa. Papa kan emang sering pergi-pergi ke luar kota. Apa lagi kalau pembantu pada minggat, istana putih ini udah kaya kuburan. Hanya dihuni pangeran Edy dan adeknya si bawel super rese yang baru kelas empat SD.
            Tadinya mau ngambek, karena dikasih tugas yang gak enak, tapi setelah dapet bocoran dari adekku kalau guru privatnya cewek, masih muda dan mirip-mirip Arumi Bachsin aku malah jadi ngebet pengen cepet nyuguhin minuman.
            Sebenarnya yang disuruh mama cuma nyuguhin minuman dan cemilan. Tapi karena dalam rangka caper, aku buru-buru mandi dulu, pake deodoran, semprot parfum sampe mau abis, minyak rambut hampir ludes. Baju yang ku pake juga yang sekelas sama baju lebaran.
            Dengan dada deg-deg nyet, aku masuk ke taman kecil di samping rumah tempat adekku dan guru privatnya itu berada.
            ”Lagi ke WC” Adekku yang cerdas seperti membaca keherananku demi mendapati dia cuma sendirian.
            Iseng nungguin guru privat adekku itu aku liat-liat bukunya. Siapa tahu aku bisa nyari tahu sedikit tentang kepribadiannya, sehingga waktu ngobrol nanti gak terlalu canggung.
            Hah?
            Cha Echa Decha! Di buku itu ada nama Cha Echa Decha. Waduh, gak nyangka ternyata guru privat adekku itu teman ku di fb. Bisa sekalian kopi darat neh!
            ”Busyeeet, ada pedagang parfum keliling ya dek?” Seru seseorang dari belakangku.
            Aku langsung curiga. My God! Mudah-mudahan tebakanku salah. Karena cewek di belakangku itu si Poppeye eh si Poppy. Jangan bilang kalau dia itu guru privat adekku sekaligus teman fb yang jadi kecengan ku selama ini!
***
            Tapi saudara-saudara! Begitulah kenyataannya. Cha Echa Decha itu, guru privat adekku itu memang si Poppy. Terpaksalah aku kembali menyandang mahkota bertuliskan jomblo lagi.
            Eh, tapi jomblo keren lho, jauh dari dosa !
            Heuheuheu .....
*SELESAI*

Dimuat di Tabloid Gaul Edisi Januari 2012 No. 28
Image by :
http://cyberingindonesia.files.wordpress.com/2012/04/silhouette_man.gif

2 comments: